Sunday, December 13, 2009

makan Gonggong...

Pernah denger "gonggong" ngga? Sepertinya ngga banyak orang yang tahu. Aq sendiri juga baru tahu pas liputan ke Batam.


Gonggong itu sejenis keong laut yang biasa dikonsumsi masyarakat setempat. Sepintas bentuknya seperti bekicot yang biasa kita lihat di lingkungan sekitar, tapi cangkangnya berwarna putih kecoklatan.

Cara mengolahnya pun sangat mudah. Cukup dicuci bersih, diberi garam dan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah itu cukup direbus aja dalam air mendidih. Nah, sebagai pelengkapnya, gonggong rebus ini disajikan bersama sambal (kalo yang ii aq ga tau racikannya) yang rasanya manis asam itu.



Tekstur gonggong yang kenyal dan mengingatkanku sama bekicot, bikin aq ragu untuk mencobanya. Tapi penasaran banget, seenak apa sih?? dengan bantuan sebuah tusuk gigi untuk mencungkil "dagingnya", dan sedikit sambal pelengkapnya, aq cobain deh... Kres..kres..kenyal-kenyal gitu, seperti makan cumi-cumi, dengan sedikit aroma laut yang masih menempel di dagingnya. Not bad... ;) Cukup enak kok, hahaha....

Uniknya lagi, cangkang-cangkang sisa gonggong tadi juga diolah menjadi kerajinan tangan yangcantik dan unik. Cangkang-cangkang cantik ini mereka jual sebagai hiasan ataupun souvenir pernikahan. Jadi, "zero waste" ya... :)

No comments: