Wednesday, July 13, 2011

My Tips for Online Shopping


Belakangan ini tren belanja melalui internet atau biasa kita kenal dengan istilah online shopping mulai menjamur. Bahkan, jejaring sosial seperti Kaskus, Facebook dan Twitter sudah seperti toko kelontong yang menawarkan berbagai produk dengan keunggulannya masing-masing. Nih, beberapa tips dariku buat kalian yang mau belanja online:

1. Jangan tergoda oleh foto
Yep, namanya juga pedagang, pasti produk-produk yang ditawarkan pun ditampilkan semenarik mungkin. Nah, untuk fashion item seperti pakaian, sepatu atau tas biasanya ditampilkan oleh seorang model. Nah, yang aku maksud disini adalah ga semua yang cocok dikenakan oleh model dalam foto itu akan cocok oleh kita lo.
Misal nih, biasanya, model-model asia berkisar 165cm ke atas. Untuk aq yang berbadan mungil, super mini dress yang dikenakan model bisa jadi casual dress selutut buatku. Lain lagi untuk cewek-cewek yang berlengan besar, atau berbahu lebar, atau lainnya pasti akan menghindari model pakaian tertentu kan.

2. Cermati spesifikasi produk
Balik lagi ke tips di atas, setiap produk punya ukuran tertentu. Nah, pedagang yang baik pasti mencantumkan spesifikasi produk, seperti ukuran dan materialnya. That’s one thing u have to concern. Ga lucu kan, kalo dress yg dikenakan oleh model difoto jadi kependekan atau kepanjangan pas qta pake??

3. Perhatikan testimoni pelanggan
Kebanyakan onlineshop mengharuskan setiap pembelinya membayar uang muka (DP) atau full payment dari setiap transaksi. Biasanya pembeli-pembeli sebelumnya suka nulis di wall, or comment di produk yg dibelinya kok. Jadi lebih teliti dan jeli aja ya biar ga tertipu.

4. Rajin browsing
Coba perhatikan deh banyaknya onlineshop yg ada, seringkali produk yang ditawarkan sama. Benar-benar sama, bahkan model yang di foto pun sama!! Tapiii....harganya beda-beda lo. Rajin-rajin aja browsing berbagai onlineshop yang berbeda, karena kadang-kadang selisih harganya lumayan banget

5. Jangan ragu bertanya
Kalo masi ragu dengan material atau waktu pengiriman, dll, langsung aja nanya ke pemilik accountnya. Penjual yang baik akan dgn senang hati kok menjawab semua pertanyaan dari calon pelanggannya
So, happy shopping, Girls...

No comments: