Saturday, January 8, 2011

Bodohnya Aq.....!!! *tepok jidat*


courtesy picture by koranindonesia.com

I miss beach so much!!!! Yeah, I'm a beach lover. Love the water's sound, lay down on the sand and do nothing, just enjoy the sound and the view. What a life!!!

So I plan my trip to Bali. Baru mulai ngrencanain sebelum akhir tahun kemaren sih. Dan aq ngrencanain buat ke Bali di awal Maret ini. Kenapa Maret?? Saat itu aq berpikir Desember-Januari pasti peak season. Harga tiket dan penginapan pasti lagi mahal-mahalnya. Dan lagi, belakangan ini kan masih sering ujan. Aq si ngarepnya tar d bulan Maret cuaca lebih bersahabat. Ga lucu donk, udah jauh-jauh ke Bali, eh malah ga bisa kemana-mana karena ujan.

Ke Bali kali ini tujuannya memang hunting virgin beaches. Yep, sudah bosan dengan Kuta. Aq si lebih prefer Legian ya, soalnya masih sederet degan Kuta, tapi ga terlalu rame. Aq bisa berjam-jam duduk dan menikmati pemandangan, sambil nungguin sunset disana. Nah, dari berbagai referensi, sederet nama pantai yang belum terlalu dikenal orang sudah ada di tangan, lengkap dengan "how to get there".

Tanggal sudah ditentukan, tiket sudah di-book. Tinggal tunggu saatnya aja. Sampai semalam aq memperhatikan kalender 2011. Ada hari libur nasional di tengah-tengah rencana berliburQ. Ga terlalu berpengaruh si, soalnya libur Nasional-nya jatuh di hari Sabtu. Tapi aq perhatiin lagi, libur Nyepi, dan aq berencana ke Bali saat itu. DANG!!!!!

Apa jadinya liburan ke Bali saat Hari Raya Nyepi??!!! Aw, man...bodohnya aq!!! Libur Nyepi, berarti semua orang Hindu di Bali ga keluar rumah, ga nyalain api atau lampu. Bisa dikatakan Bali akan menjadi "pulau mati". Bahkan bandara dan pelabuhan tidak beroperasi dihari itu.Sempet terpikir mau tetep jalanin sesuai rencana, toh aq kan ngga ngerayain Nyepi, bisa aja aq ke pantai kan?? Tapi kan ada Pecalang (penegak adat Bali) yang akan berpatroli menjaga ketertiban di hari Nyepi, termasuk memberi sanksi bagi SIAPAPUN yang melanggar, termasuk turis. Biasanya bagi yang masih keluar rumah saat hari Raya Nyepi, akan mendapat sanksi membersihkan pura.

Ada sih yang bilang kalo perayaan Nyepi cukup menarik, seperti Pawai Ogoh-ogoh (pawai boneka raksasa yang diadakan untuk menyambut Hari Raya Nyepi) dan tradisi Met-metan (tradisi ciuman massal yang dilakukan muda-mudi di Banjar, Bali). But, I don't think so. cukup menyaksikan kedua perayaan itu di tivi aja,hehehe...

Aq tanya ke beberapa orang yang pernah berlibur saat Hari raya Nyepi, mereka bilang, yang bisa kita lakukan hanya berdiam di hotel, dan menikmati faslitas yang ada. Kalau lapar, ya cuma bisa pesan makanan di hotel (entah ada atau enggak pegawai hotel yang masak). Bahkan, saat malam tiba, kta harus menutup tirai kamar, dan memastikan tidak ada cahaya yang keluar. HWAAAHHH...repot ga tuh??

Dan akhirnya, dengan berat hati aq harus me-reschedule rencanaQ itu. Lebih baik keluar duit lebih deh, daripada mati gaya dengan sukses disana??

Jadi kesimpulannya, kalau mau berencana mau pesen tiket liburan, pastiin kamu udah lihat kalender dulu. Jangan berdasar kalender airline aja, soalnya cuma item putih doank, ga ada informasi tanggal merah hari nasionalnya, hehehe...

No comments: