Wednesday, January 26, 2011

Ga Harus Jadi Orang Kaya kok...

Seorang teman menulis status di Facebook-nya, "Kalo jadi orang kaya, saya janji ga akan pelit!!!" Hmmm....aq cuma bisa senyum ngebacanya, pasti banyak juga yang lain di luar sana yang memiliki pemikiran yang sama.

BuatQ, sebenarnya kita sudah cukup "kaya", hanya saja kita tak menyadarinya. Eiittss, jangan protes dulu, pasti pada bilang kalo 10 hari setelah gajian pasti udah berasa miskin, hehehe... But look around you, you are much much luckier than hundreds people outthere. Coba kita pikir, butuh berapa lama buat kita ngeluarin duit untuk nomat di bioskop?? Atau berapa banyak uang yang kita keluarkan untuk sekedar "ngopi-ngopi cantik"??? Nah, coba kita bandingin, di luar sana ada banyak orang yang harus berjuang untuk memperoleh uang sebanyak itu untuk makan 1 KELUARGA!!! Ya, 1 keluarga. Can't u imagine that??? So please, stop saying that you are not wealthy enough to share to the others :)

Yang mau aku sampaikan disini adalah, ga harus jadi orang kaya ko untuk berbagi dengan orang lain. Berbagi ga melulu soal uang. Ada banyak cara untuk membantu orang lain. Misal, pasti pada tahu kan kalau orang tuna netra membaca dengan huruf braille. Sayangnya, belum banyak buku yang juga mengeluarkan versi braille bagi para tunanetra. Ada satu yayasan bernama Mitranetra yang mencetuskan program 1000 Buku untuk Tunanetra. Nah, di program ini, kita bisa membantu dengan menjadi sukarelawan yang mengetik (menyalin dan mengetiknya dalam format word) sebuah buku, untuk kemudian akan mereka convert ke format braille. Mengetik??? Yep, mengetik buku yang sudah ada di pasaran, dari isinya, daftar isi, sampai testimoni dari penulis, dsb. Sepintas kedengerannya ribet ya? Ga juga sih, yang dibutuhin utama adalah niat n kemauan. I've tried it by myself :)

Ada juga program C3Friends, yaitu suatu program yang dijalankan oleh Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia, untuk membantu anak-anak Indonesia yang menderita kanker. Mereka mengenalkan konsep C3, atau 3 choices: Cash (money), Co-location (time), Communicate. Kamu punya pilihan untuk membantu anak-anak itu, misal dengan menyumbangkan dana (cash/money), atau dengan datang meluangkan waktu untuk bermain dan bercerita dengan mereka (co-location/time). Bagaimana dengan kamu yang tak punya uang maupun waktu?? Tenang aja, kamu pun bisa membantu mereka dengan menyebarluaskan informasi ini kepada orang lain, dan ajaklah mereka untuk turut membantu. If you wanna know about this project, you may click the web badge on this page. Let's make the children smile :)

Jadi, tak harus jadi orang kaya kan, untuk berbagi dengan sesama???

One more thing, berapa pun besarnya bantuan yang kamu berikan, lakukanlah dengan senyum dan ikhlas ya...

No comments: